Tentang Kami

Visi Arisan Sapi

Gotong Royong berkurban dan membangun kemandirian ekonomi

Misi Arisan Sapi

  • Berqurban Sapi
  • Menebar inspirasi (gerakan) bagi umat Islam untuk bisa berqurban Sapi
  • Memperkuat tali silaturahmi sesama umat Islam
  • Membuka potensi kemandirian ekonomi

Landasan

“Kami keluar bersama Rasulullah berihram haji, lalu Nabi memerintahkan kami untuk patungan (kurban) dari hewan unta dan sapi. Setiap 7 (tujuh) orang dari kami berkurban 1 unta.” (HR. Muslim)

“… dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya.” (QS. Al Maidah : 2)

”Barangsiapa yang membebaskan satu kesusahan seorang mukmin dari kesusahan-kesusahan dunia, maka Allah akan melepaskannya dari satu kesusahan di antara kesusahan-kesusahan akhirat. Barangsiapa memberikan kemudahan kepada orang yang kesulitan, maka Allah akan memudahkan dia di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang menutup aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Dan Allah akan selalu menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya” (HR. Muslim).

”Barangsiapa menolong saudaranya, maka Allah akan selalu menolongnya”. (HR. Bukhari dan Muslim)

“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu Jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk Berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Maaidah : 8).

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. At Taubah : 71)

“Orang yang menebar kasih sayang akan disayang oleh Allah Yang Maha Penyayang. Sayangilah yang di muka bumi, kalian pasti akan disayangi oleh Allah yang berada di atas langit” (HR. Tirmidzi)

“Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar Ra’d : 11).

Strategi Memperkuat Tali Silaturahmi

  • Menetapkan waktu untuk saling berkumpul
  • Saling membawa sajian ketika berkumpul bersama
  • Santai bersama antar keluarga

Strategi Kemandirian Ekonomi

  • Silaturahmi adalah rezeki, manfaat akan terasa buat masing-masing anggota
  • Sisa hasil arisan dipergunakan untuk usaha
  • Ide usaha berdasarkan hasil musyawarah
  • Usaha itu untuk saling memberikan manfaat kepada anggota dan masyarakat

Contoh ide usaha untuk kemandirian ekonomi : Penggemukan Sapi

Strategi: Rp. 250.000/bulan x 7 orang x 11 bulan = Rp. 19.250.000. Harga sapi di kisaran Rp. 16.000.000. Sisa uang Rp. 2.750.000 digunakan untuk ternak sapi atau kambing. Hasilnya untuk anggota dengan harga daging yang murah diluar harga pasar.

Dan terbuka ide-ide kemandirian ekonomi lainnya.